Lansia

Tips beberapa makanan sehat untuk Lansia

Tips beberapa makanan sehat untuk Lansia
Tips beberapa makanan sehat untuk Lansia – alhamdulillah akhirnya kita bisa kembali beraktifitas seperti biasanya, dan tak lupa selalu sukses juga untuk teman-teman semua. setelah kemarin-kemarin saya sempat memposting beberapa tips trik blog yang tujuannya agar bisa mempercantik tampilan blog kita. untuk tips trik blog sementara kita tinggalkan dahulu karena kali ini saya akan memebahas sedikit tips penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. baik pada kesempatan kali ini sesuai dengan judul yang tertera diatas, saya akan membahas sedikit tentang masalah kesehatan tentunya Tips beberapa makanan sehat untuk lansia.
memang pada umumnya bila umur kita berinjak ke umur yang lebih tua, pastinya didalam tubuh kita akan serba terasa. berbagai macam penyakit akan tumbuh bila kita tidak mencegahnya dari sejak dini serta dari sejak kita masih muda. karena ketahanan tubuh setiap manusia tidaka akan mungkin hidup selamanya, tidak akan mungkin kuat sampai hari tua. sebuah perputaran kehidupan akan berganti dengan sendirinya. mungkin juga beberapa faktor fisik yang sering terjadi pada seusia Lansia diantaranya yaitu :  kemampuan otot semakin berkurang, dari segi penglihatan mata semakin sulit dan dibutuhkannya alat bantu lihat yaitu kacamata, kurangnya pendengaran saat usia tua, serta berbagai macam penyakit yang sering menempel pada usia tua seseorang. contoh kecilnya penyakit keropos tulang (osteoporosis),  struk, jantung, paru-paru.
Tips beberapa makanan sehat untuk Lansia
maka dari itu di saat usia muda kita sangatlah dibutuhkan beberapa vitamin, serta kalsium-kalsium yang dapat membuat tubuh kita selalu sehat. dan mungkin diantaranya dari segi pengkonsumsian makanan. dan mungkin dibawah ini merupakan diantaranya makanan-makanan sehat yang cocok untuk lansia :
  1. Kurangi asupan santan,daging yang berlemak dan minyak agar kolesterol tidak meningkat. karena dengan makanan yang berlamak serta kolestrol yang tinggi bisa mengakibatkan kegemukan bagi tubuh kita.
  2. Perbanyak makan makanan yang  mengandung  kalsium tinggi seperti susu dan ikan untuk menghindari resiko keropos tulang atau osteoporosis.
  3. Perbanyak makan makanan berserat dan sayuran segar agar pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit. seperti contoh kecilnya bayam, pare/paria, genjer.
  4. Hindari konsumsi gula dan makanan berkarbohidrat tinggi agar kadar gula darah tetap normal. seperti contohnya kue yang terlalu manis, manisan, makanan-makan yang berkadar gula tinggi
  5. Gunakan sedikit minyak untuk menumis dan kurangi makanan yang digoreng. karena minyak juga bisa mengakibatkan lemak yang tinggi.
  6. Perbanyak makan makanan yang diolah dengan merebus,mengukus atau memanggang agar mudah di cerna. seperti kue bungkus, dll
  7.  Hindari memasak dengan bumbu terlalau pedas atau terlalu asam karena dapat mengganngu kesahatan lambung dan pencernaan. karena akibatnya bisa merusak saluran pencernaan tubuh kita. seperti makanan sambal goreng pedas, bakso yang pedas serta asam rasanya, soto.

TIPS UNTUK LANJUT USIA AGAR SELALU SEHAT

JURUS-JURUS  AMPUH UNTUK TETAP MANDIRI, PRODUKTIF, BAHAGIA DAN SEJAHTERA

 

PERILAKU-PERILAKU YANG DIANJURKAN :

  1. MENDEKATKAN DIRI DENGAN TUHAN.
  2. SABAR DAN OPTIMIS.
  3. TUMBUHKAN PERCAYA DIRI.
  4. TETAP BERAKTIFITAS YANG SESUAI DAN BERGUNA.
  5. KEMBANGKAN HOBI.
  6. RUTIN BEROLAHRAGA RINGAN.
  7. MAKAN DAN MINUM SEDIKIT-SEDIKIT TETAPI SERING.
  8. TETAP BERGAIRAH DALAM KEHIDUPAN SEKSUAL.
  9. BERHENTI MEROKOK DAN MEMINUM MINUMAN KERAS.
  10. MINUMLAH OBAT SESUAI ANJURAN  DOKTER.
  11. PERIKSAKAN KESEHATAN SECARA TERATUR.

MANFAAT-MANFAAT YANG DIRAIH  :

  1. BERTAKWA.
  2. LEBIH TENANG.
  3. MENJAGA KESEHATAN.
  4. TUBUH TETAP BUGAR.
  5. JIWA TETAP SEGAR.
  6. MENGURANGI STRESS.
  7. TETAP DIAKUI MASYARAKAT.
  8. TERHINDAR DARI PENYAKIT BERBAHAYA.
  9. HUBUNGAN TETAP HARMONIS.
  10. MENCEGAH EFEK SAMPING DAN KERACUNAN OBAT.
  11. DETEKSI DINI GANGGUAN KESEHATAN.

PERILAKU YANG DIHINDARI :

  1. KURANG BERSERAH DIRI DAN CEPAT PUTUS ASA.
  2. PEMARAH, EMOSI LABIL.
  3. MANJA, SERBA DILAYANI.
  4. SUKA MENYENDIRI.
  5. MALAS BERGERAK.
  6. MELAKUKAN KEGIATAN MELEBIHI KEMAMPUAN.
  7. MAKAN TIDAK TERATUR DAN KURANG MINUM.
  8. TIDAK MEMERLUKAN LAGI KEHIDUPAN SEKSUAL.
  9. KEBIASAAN BURUK ; MEROKOK, MINUM MIRAS, KOPI DLL.
  10. MEMINUM OBAT TANPA ATURAN.
  11. TIDAK MEMERIKSAKAN KESEHATAN SECARA TERATUR.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s